Jakarta - Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan (PVTPP) Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Juara I Tahun 2024 di tingkat Kementan. Penghargaan tersebut diraih pada tanggal 13 Desember 2024. Pencapaian ini menjadi bukti komitmen baik dari Pusat PVTPP dan Kementan dalam mewujudkan reformasi birokrasi di sektor pertanian yang transparan, akuntabel, dan bebas dari praktik korupsi.
“Saya apresiasi untuk prestasi dan usaha PVTPP yang telah merebut WBK lingkup Kementan. Karena itu, kita harus kompak sesuai dengan tagline PVTPP yaitu kreatif, inovatif dan kolaboratif,” ujar Plt. Sekretaris Jenderal Ali Jamil dalam arahannya di acara Pemantapan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK, Jumat, 20 Desember 2024.
Dalam acara ini dilakukan Deklarasi Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi sebagai langkah konkrit untuk mewujudkan predikat WBK di Tingkat nasional. Deklarasi ini dilakukan oleh seluruh jajaran pimpinan dan seluruh pegawai Pusat PVTPP disaksikan Plt. Sekretaris Jenderal. Selain hal tersebut deklarasi ini merupakan langkah penting untuk mewujudkan zona integritas yang bebas dari korupsi, dengan pelayanan publik yang lebih efisien, profesional, dan transparan.
Ali Jamil juga memberikan apresiasi atas kinerja dan capaian Pusat PVTPP yang telah memberikan pelayanan prima bagi para stakeholder Kementerian Pertanian. “Layanan Pusat PVTPP saat ini jauh lebih kuat dan responsif” ujarnya.
Ali Jamil mengarahkan Pusat PVTPP berbenah dengan hal yang sangat mendasar yaitu budaya kerja dan kedisiplinan pegawai. Hal ini sesuai dengan aspek zona integritas yaitu di area manajemen perubahan serta area manajemen SDM yang saling berkaitan. Manajemen SDM menjadi kunci utama dalam memastikan bahwa seluruh pegawai dan sumber daya manusia di organisasi harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang diperlukan untuk menciptakan zona integritas yang bebas dari korupsi dan pelayanan publik yang berkualitas.
"Tidak lupa bahwa kunci keberhasilan kinerja adalah disiplin pegawai, mulai dari kedisiplinan absensi kehadiran dengan tidak datang terlambat ke kantor, bekerja cepat dan tuntas. Saya yakin dengan SDM yang disiplin, memiliki latar belakang pendidikan yang kuat, dan berkompeten tentunya akan menjadi aset yang kuat mendukung peningkatan pelayanan publik", tambahnya.
Kepala Pusat PVTPP Kementan, Leli Nuryati mengatakan bahwa sejauh ini ada 3 layanan yang menjadi kunci kesuksesan PVTPP dalam mewujudkan WBK. Layanan pertama adalah perlindungan varietas tanaman, kedua layanan pendaftaran varietas tanaman dan ketiga layanan perizinan pertanian
Pusat PVTPP menetapkan target nilai indeks kepuasan eksternal sebesar 3.50 (skala likert). Dari hasil pengukuran survey untuk 3 kelompok layanan, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat atau IKM tertinggi diraih oleh layanan perlindungan varietas tanaman yang mencapai skor 3,85. Layanan kedua adalah perizinan pertanian dengan skor 3,82 dan layanan ketiga adalah pendaftaran varietas tanaman yang memiliki skor 3,61.
“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan eksternal dan internal dengan akan meningkatkan target kinerja Pusat PVTPP di tahun 2025 yang akan menjadi dasar motivasi perbaikan dan peningkatan kualitas layanan. “Kami harap dengan layanan publik yang berkualitas,” katanya.
Dilihat 511 kali
Ikuti terus informasi terbaru
Supaya selalu up-to-date!